Ditulis pada

Manfaat dan bahaya bawang putih

Tahu Nggak Sih?

Dalam 100 gr bawang putih mengandung sekitar (kurang lebih):
Energi = 95 kkal
Protein = 4,5 gr
Lemak = 0,2 gr
Karbohidrat = 23,1 gr
Kalsium = 42 mg
Fosfor = 134 mg
Zat Besi = 1 mg
Vitamin A = 0 IU
Vitamin B1 = 0,22 mg
Vitamin C = 15 mg
Dan ini hanyalah beberapa zat gizi yang ditemukan dalam bawang putih. Bawang putih juga mengandung alliin dan allicin, yang keduanya merupakan senyawa sulfur yang bagus untuk kesehatan. Manfaat allicin dalam bawang putih telah banyak diteliti. Para ilmuwan tertarik pada potensi senyawa sulfur yang berasal dari bawang putih untuk mencegah dan mengobati penyakit kronis dan mematikan, seperti kanker dan penyakit kardiovaskular.

Ketika dikonsumsi, bawang putih mentah dapat menyebabkan rasa terbakar di mulut atau perut, bau mulut, mulas, bergas, kembung, mual, muntah, bau badan, dan diare. Kemungkinan efek samping ini meningkat dengan peningkatan jumlah konsumsi bawang putih mentah.

Secara umum, bawang putih dalam bentuk apapun dapat meningkatkan risiko pendarahan karena bertindak sebagai pengencer darah alami. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mengkonsumsi bawang putih mentah jika Anda mengalami pengenceran darah. Jika terjadi masalah pendarahan, berhenti konsumsi bawang putih setidaknya dua minggu sebelum operasi terjadwal.

Ini adalah cara terbaik untuk mencegah kemungkinan efek samping bawang putih:
• Konsumsi bawang putih dalam dosis kuliner (sebagai bumbu atau penyedap makanan)
• Hindari mengkonsumsi bawang putih mentah dalam jumlah besar.

Sumber : draxe.com

SehatAlaMCI
FaktaBawangPutih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *